Kamis, 26 Agustus 2010

- Sukses Zilina, Derita Sparta

Zilina - Di negaranya, Slovakia, Zilina boleh saja jadi salah satu yang terbaik. Tapi di kancah Eropa, baru kali inilah mereka melaju ke fase grup Liga Champions.

Semenjak Slovak Superliga mulai digulirkan tahun 1993 lalu, baru ada enam klub yang berhasil menjadi juara. Ada dua klub yang menjadi peraih gelar terbanyak dengan masing-masing mengemas lima titel juara.

Zilina menjadi satu dari peraih gelar terbanyak tersebut, bersama-sama dengan Slovan Bratislava. Satu gelar terakhir Zilina pula yang membawa mereka berkesempatan tampil di Liga Champions musim ini.

Memulai dari fase kualifikasi babak kedua, Zilina butuh perjuangan panjang. Setelah menyingkirkan klub Malta Birkirkara dan wakil Bulgaria Litek Lovech, Zilina baru sampai ke babak playoff. Inilah ujian terakhir mereka sebelum sampai ke putaran utama.

Menghadapi Sparta Praha asal Republik Ceko, Zilina lantas meraih sukses apik. Menang 2-0 di leg I, 'Sosoni' melengkapi dengan hasil 1-0 pada leg II, Kamis (26/8/2010) dinihari WIB.

Dengan hasil tersebut, Zilina pun berhak atas satu tiket ke fase grup Liga Champions, membuat mereka untuk kali pertama tampil di putaran utama kompetisi terakbar antar klub se-Eropa tersebut.

"Kami sangat senang bisa sampai ke sana," komentar pelatih Zilina Pavel Hapal dengan bangga, seperti diwartakan Yahoosports.

Sebaliknya untuk Sparta, hasil atas Zilina tersebut bikin derita mereka di kompetisi ini kian panjang. Sparta tercatat sudah lima musim beruntun gagal mencapai fase grup Liga Champions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar