Rabu, 11 Agustus 2010

- Pertandingan Persahabatan
Penanda Dimulainya Era Baru

Jakarta - Setelah Piala Dunia 2010 berakhir, banyak tim akan memulai era barunya. Di tengah pekan ini mereka akan membuat langkah dan impresi baru, untuk mencapai sesuatu di kemudian hari.

Sebutlah Prancis, yang tampil hancur lebur dan memalukan di Afrika Selatan. Era Raymond Domenech dan Thierry Henry sudah selesai, berganti ke rezim Laurent Blanc dengan pasukan mudanya yang dimotori Karim Benzema, Samir Nasri, dan Hatem Ben Arfa.

Rabu (11/8/2010) malam ini Les Bleus akan memulai era barunya itu dengan berujicoba melawan Norwegia di Oslo.

Sebuah era baru juga mulai dirintis cukup banyak negara setelah melakukan pergantian pelatih. Otto Rehhagel sudah meninggalkan Yunani setelah membidaninya selama sembilan tahun, dan tempatnya kini diambil alih pelatih asal Portugal, Fernando Santos.

Korea Selatan yang tampil impresif di Piala Dunia, juga sudah berganti arsitek, dari Huh Jung Moo kepada Cho Kwang Rae. Argentina? Semua terus mengikutinya. Masa Diego Maradona sudah selesai, periode Sergio Batista dimulai. Begitu pula dengan Afrika Selatan yang tak lagi dipimpin Carlos Alberto Parreira, dan kini dikepalai pelatih lokal Pitso Mosimane.

Italia juga sedang merintis era baru dengan Cesare Prandelli sebagai nahkodanya. Namun perjalanan pertama mereka tidak positif. Gli Azzurri dikalahkan Pantai Gading 0-1 tadi malam. Tentunya hasil tersebut "tidak apa-apa", karena semua masih merupakan langkah awal.

Tim-tim lain yang tidak tampil di Piala Dunia pun mulai memanaskan mesin dengan pelatih barunya. Si "Midas" Guus Hiddink akan memulai sentuhannya buat Turki dengan menjajal Rumania. Suksesor Hiddink di timnas Rusia, Dick Advocaat, akan mencoba peruntungannya dengan menghadapi Bulgaria.

Inggris punya cerita yang berbeda. Mereka masih dipimpin Fabio Capello, tapi sedang mengupayakan perdekatan yang baru setelah tampil sangat buruk di Piala Dunia.

Spanyol akan melakoni pertandingan pertamanya sebagai juara dunia melawan Meksiko yang kini ditangani pelatih interim, Enrique Meza. Belanda arahan Bert van Marwijk bakal ditantang Ukraina, sedangkan Jerman pimpinan Joachim Loew dijajal Denmark.

Karena ini baru permulaan, dan kompetisi liga-liga semakin dekat, sebagian besar tim tidak memanggil pemain-pemain terbaiknya. Sebagian besar yang mereka libatkan adalah pemain muda dan yang minim pengalaman internasional.

Bagi tim-tim Eropa, paling tidak hal itu bisa menjadi tambahan masukan untuk para pelatih untuk menghadapi ujian sebenarnya, yakni babak kualifikasi Piala Eropa 2012 yang akan dimulai bulan September.

Jadwal pertandingan persahabatan malam ini:
Aljazair vs Gabon
Trinidad & Tobago vs Jamaika
Korea Selata vs Nigeria
Thailand vs Singapura
China vs Bahrain
Kazakhstan vs Oman
Lithuania vs Belarusia
Rusia vs Bulgaria
Armenia vs Iran
Azerbaijan vs Kuwait
Finlandia vs Belgia
Moldova vs Georgia
Siprus vs Andorra
Malta vs Republik Macedonia
Swedia vs Scotlandia
Ukraina vs Belanda
Republik Ceko vs Latvia
Turki vs Rumania
Albania vs Uzbekistan
Austria vs Swiss
Denmark vs Jerman
Montenegro vs Irlandia Utara
Polandia vs Kamerun
Serbia vs Yunani
Slovakia vs Kroasia
Afrika Selatan vs Ghana
Irlandia vs Argentina
Slovenia vs Australia
Wales vs Luksemburg
Inggris vs Hongaria
Norwegia vs Prancis
Islandia vs Liechtenstein
Meksiko vs Spanyol
Angola vs Uruguay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar