Kamis, 26 Agustus 2010

- Ferdinand Bela Capello

Manchester - Fabio Capello banyak mendapatkan kecaman dan sorotan terlebih pasca kegagalan Inggris di Piala Dunia. Menghadapi hal ini, Don Fabio langsung mendapatkan pembelaan dari anak buahnya, Rio Ferdinand.

Di Piala Dunia 2010, Capello sudah menuai kritikan deras usai Inggris hanya bermain 0-0 kontra Aljazair di babak grup. Kecaman semakin intens saat The Three Lions harus pulang usai dikalahkan Jerman 1-4 di 16 besar.

Kekalahan telak itu tak ayal membuat kapasitas Capello dipertanyakan. Sejak itu Don Fabio bagai bekerja 'di bawah tekanan'. Bahkan yang teraktual, pelatih Real Madrid Jose Mourinho diberitakan mengkritik pria yang pernah menukangi AC Milan, Juventus dan AS Roma itu meski dalam perkembangan selanjutnya Mou membantah telah mengatakan hal tersebut.

Boleh jadi karena prihatin dengan situasi yang ada, salah satu anak buah Capello pasang badan untuk pelatih Italia itu. Dia adalah Rio Ferdinand. Bek Manchester United itu menilai bahwa sejauh ini publik terlalu cepat memberikan penilaian kepada sang bos.

"Kami memang tidak bermain baik di Piala Dunia. Ya, kami paham itu. Namun itu bukan berarti menjadikan Capello sebagai manajer yang buruk. Banyak orang menilai terlalu jauh dan terlalu cepat," jelas Ferdinand seperti dikutip dari AFP.

Salah satu bukti yang diajukan Ferdinand adalah performa Inggris yang meyakinkan di babak kualifikasi Piala Dunia. Saat itu Inggris menjadi pemuncak grup 6 Zona Eropa dengan poin 27 hasil sembilan kali menang dan sekali kalah. Membukukan 34 gol dan kebobolan hanya enam gol.

Kegagalan di Piala Dunia menjadi salah satu indikasi bahwa harus ada perubahan dalam tubuh The Three Lions. Ferdinand berharap Capello tidak terlalu banyak 'diganggu' dalam tugasnya.

"Dia (Capello) memang perlu melakukan sebuah perubahan di skuad, namun siapa kita sehingga kita harus beradu argumen tentang itu. Kami hanya melakukan apa perintah dia. Ini tentang kemenangan Inggris, bukan tentang pemain secara individual," ujar bek 31 tahun itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar