Selasa, 05 Oktober 2010

- Pemerintah Campur Tangan, Nigeria Kena Sanksi FIFA

Zurich - FIFA punya sanksi tegas terkait campur tangan pemerintah terhadap sebuah tim nasional. Nigeria merasakan sanksi tersebut dengan dibekukan dari laga-laga internasional.

Keputusan tersebut diambil setelah beberapa kejadian di level nasional Nigeria melibatkan campur tangan pemerintah. Sementara NFF (Federasi Sepakbola Nigeria) tak bisa berbuat banyak terhadap inbtervesi itu.

Beberapa kasus di antaranya adalah mundurnya Sekjen NFF atas instruksi Komisi Olahraga Nasional dan permintaan Menteri Olahraga untuk meniadakan degradasi di Liga Nigeria.

"Komite FIFA memutuskan pada hari Senin, 4 Oktober 2010, untuk memberikan skorsing kepada NFF sesegera mungkin karena adanya intervensi dari pihak pemerintah," demikian bunyi statemen FIFA seperti dilansir ESPN Star.

"Keputusan ini diambil setelah adanya beberapa kejadian menyangkut NFF, contohnya adalah keputusan pengadilan terhadap anggota terpilih dari komite eksekutif NFF yang mana membuat mereka tak bisa menjalankan tugas dan fungsi mereka, mundurnya Sekjen NFF atas instruksi Komite Olahraga Nasional, keputusan Menteri Olahraga untuk memulai Liga Nigeria tanpa degradasi dari musim sebelumnya, dan fakta bahwa komite ekeskutif NFF tak bisa bekerja dengan baik karena intervensi itu."

"Skorsing ini akan terus diberlakukan sampai aksi pengadilan tersebut dihentikan dan anggota komite eksekutif NFF bekerja tanpa adanya intervensi," lanjut statemen tersebut.

Atas skorsing tersebut, timnas Nigeri dilarang untuk mengikuti kompetisi di level regional, kontinental dan internasional. Ini artinya Nigeria bahkan tak diperbolehkan berlaga di kualifikasi Piala Afrika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar