Senin, 11 Oktober 2010

- Kapten Les Bleus Masih Diaudisi

Paris - Alou Diarra boleh menjadi kapten Prancis di pertandingan terakhir. Namun, pelatih Laurent Blanc mengungkapkan bahwa dirinya masih melakukan audisi untuk mencari sosok tersebut secara permanen.

Diarra menjadi pemimpin Les Bleus di pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2012 hari Sabtu (9/10/2010) kemarin, saat mereka mengalahkan Rumania dengan skor 2-0. Ia mengisi posisi yang lowong karena Patrice Evra, kapten di Piala Dunia lalu, masih menjalani skorsing.

Walaupun menilai Diarra memainkan perannya itu dengan baik, tapi Blanc mengatakan bahwa masih ada beberapa kandidat yang dijajakinya untuk menjadi skipper.

"Keputusan merotasi kapten bukanlah acak. Saya mengambilnya setelah berpikir lama," ujar Blanc seperti dikutip AFP, Minggu (10/10).

"Tapi, rotasi ini bukanlah di antara 11 pemain, karena memang ada yang tidak mampu. Ada pula yang tidak mau karena itu akan mengganggu permainan mereka."

Ditambahkan Blanc, kandidat kapten permanen itu berjumlah tiga sampai lima, dan paling lambat akan ia putuskan setelah seluruh pertandingan kualifikasi Euro selesai.

"Tapi tentu saja, kalau ada eseorang yang menjalani peran ini dengan luar biasa, kami takkan menunggu lebih lama. Saat ini kami masih mengamati dan menganalisi," imbuh pria 44 tahun yang juga pernah menjadi kapten timnas negaranya itu.

Selain Diarra yang dipandangnya layak masuk nominasi, dua pemain lain yang ia pertimbangkan adalah bek AS Roma Philippe Mexes dan winger Chelsea Florent Malouda.

Beda ceritanya adalah, jika Prancis memenangi dua laga terakhirnya saat Diarra menjadi kapten (melawan Bosnia dan Rumania), tidak demikian ketika mereka memainkan laga pertamanya di kualifikasi. Kala itu yang mengenakan ban lengan kapten adalah Mexes, lalu Malouda, dan Prancis kalah dari Belarsia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar