Kamis, 07 Oktober 2010

- Jelang Kualifikasi Euro 2012
Portugal Diminta Tampil Tenang tapi Bersemangat

Lisbon - Paulo Bento langsung dapat tantangan berat dalam tugas pertamanya melatih Portugal. Tak mau tekanan itu berimbas negatif pada hasil, ia pun wanti-wanti agar para pemainnya tampil bersemangat tanpa menanggalkan ketenangan.

Dengan satu poin dari dua partai kualifikasi Piala Eropa 2012, Portugal saat ini masih harus berkutat di posisi dua dari bawah klasemen Grup H. Sebelumnya, Portugal sudah kalah 0-1 dari Norwegia dan ditahan Siprus 4-4 di kandang.

Buruknya hasil tersebut pula yang lantas membuat Carlos Queiroz tersingkir dari posisinya sebagai pelatih Portugal. Bento pun direkrut untuk menggantikannya dan partai kontra Denmark, Jumat (8/10/2010), akan menjadi laga pertamanya menukangi 'Samba Eropa'.

Dengan hasil buruk dan posisi di klasemen yang belum memuaskan, Bento dan skuadnya jelas memiliki beban untuk langsung tampil apik demi menjaga kans lolos ke Piala Eropa.

"Kami harus bermain dengan hati yang membara dan pikiran yang tenang. Tak boleh ada kesalahan. Kami harus main dengan ambisi, dengan risiko, tapi tanpa kehilangan keseimbangan," tegas Bento di Reuters.

Untuk melakukannya, Bento akan dibantu oleh kembalinya Cristiano Ronaldo yang sudah pulih dari cedera. Di era Queiroz, Ronaldo memang acap tampil kurang memuaskan, tapi saat ini ia sedang on fire bersama klubnya Real Madrid.

Bento sendiri masih percaya benar dengan kemampuan Ronaldo. Kepercayaannya itu pun ditunjukkan dengan tetap mempertahankannya sebagai kapten Portugal.

"Kita tak bisa berpikir hanya karena ia adalah salah satu pemain terbaik dunia, ia bisa menyelesaikan semua masalahnya."

"Kami mengandalkan bakatnya, tapi kita tak bisa membebaninya dengan tanggungjawab berlebih karena itu adalah beban yang saya pikul," simpul Bento.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar