Sabtu, 09 Oktober 2010

- Kualifikasi Euro 2012 Grup E
Huntelaar Menangkan Belanda Lagi

Chisinau - Belanda tampil tidak meyakinkan saat berjumpa Moldova di laga lanjutan kualifikasi Euro 2012 Grup E. Oranje hanya menang 1-0 berkat gol dari Klaas-Jan Huntelaar.

Belanda memang harus berterima kasih kepada Huntelaar karena gol tunggal yang dicetaknya di menit 37 membuat tiga angka sukses dibawa pulang dari Zimbru Stadium, Chisinau, Sabtu (9/10/2010) dinihari WIB.

Kemenangan ini membuat Belanda memuncaki klasemen sementara Grup E dengan nilai 9 dari tiga pertandingan. Pasukan Bert van Marwijk dikuntit oleh Swedia dan Hongaria yang mengumpulkan 6 angka.

Peran Huntelaar memenangkan Belanda bukan kali pertama ini terjadi. Di pertandingan sebelumnya, sepasang gol striker Schalke 04 itu membuat Belanda menang 2-1 atas Finlandia.

Jalannya pertandingan
Dua buah peluang didapat Belanda di menit 17 dan 18. Yang pertama, sepakan Huntelaar dari dalam kotak penalti ditip kiper Stanislav Namasco ke udara; yang kedua adalah sundulan Rafael van der Vaart yang menyamping.

Setengah jam laga berjalan, Belanda kembali mengancam gawang Moldova. Di ujung kotak penalti, Dirk Kuyt melepas tembakan deras yang bisa dijinakkan oleh Namasco.

Belanda akhirnya memecah kebuntuan di menit 37. Menguasai bola di sisi kanan kotak penalti, tembakan Huntelaar tak mampu ditahan Namasco dan 'Singa Oranye' pun memimpin 1-0.

Di awal babak kedua, Belanda masih sanggup menguasai pertandingan. Pada saat pertandingan memasuki menit 52, sebuah tendangan Wesley Sneijder memaksa Namasco menolak bola ke udara.

Dua menit berselang, Belanda nyaris saja menambah golnya andai tendangan John Heitinga dari depan gawang dengan menyambut korner Sneijder tidak menghantam mistar Moldova.

Setelah terus tertekan, Moldova kemudian bermain lebih bersemangat dan memberikan perlawanan lebih hebat. Hasilnya, tendangan Anatolie Doros memaksa kiper Belanda Maarten Stekelenburg membuat penyelamatan di menit 62.

Moldova kembali mengancam dua menit kemudian. Kali ini, Stekelenburg menepis tendangan jarak jauh yang dilancarkan Vitali Bordiyan dengan kaki kirinya. Gawang Belanda selamat lagi.

Terus ditekan, Belanda cuma sesekali melancarkan serangan balik. Seperti di menit 76 ketika tendangan Huntelaar ditepis Namasco atau dua menit kemudian tatkala tandukan Huntelaar dari situasi bebas masih menyamping.

Meski tidak impresif, Belanda akhirnya sukses mempertahankan kemenangan tipis tersebut sampai wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Susunan pemain
Moldova: Namasco; Bulgaru, Epureanu, Golovatenco, Bolohan; Racu, Suvorov, Bordiyan, Cebotari (Andronic 69); Frunza (Bugaev 46), Doros (Josan 78)

Belanda: Stekelenburg; Van Der Wiel, Heitinga, Mathijsen, Pieters; Van der Vaart, Van Bommel, Sneijder; Afellay (Emanuelson 90), Kuyt, Huntelaar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar