Sabtu, 09 Oktober 2010

- Kualifikasi Euro 2012 Grup H
Portugal Akhirnya Menang

Jakarta - Portugal akhirnya memetik kemenangan perdananya di Kualifikasi Euro 2012. Menjamu Denmark, Seleccao das Quinas memetik kemenangan 3-1 lewat gol-gol yang dilesakkan Nani dan Cristiano Ronaldo.

Inilah kemenangan pertama Portugal dari tiga laga yang kini sudah mereka jalani di Grup H. Skuad besutan Paulo Bento sebelumnya ditahan imbang Siprus 4-4 di kandang sendiri dan kalah 0-1 saat melawat ke Norwegia.

Tambahan tiga poin dari laga ini membuat Portugal total punya koleksi empat poin, yang cukup mengantar mereka duduk ke posisi dua klasemen sementara. Posisi teratas di grup ini masih menjadi milik Norwegia, yang pada laga lain memetik kemenangan ketiganya atas Siprus dengan skor 2-1.

Jalannya Pertandingan

Dalam laga yang menjadi debut pelatih Bento itu, baik Portugal dan Denmark sama-sama tampil kurang menggigit. Tak ada peluang bersih dibuat kedua tim hingga di beberapa menit awal pertandingan.

Di menit 29 Portugal akhirnya bisa membuka keunggulannya. Meneruskan umpan yang dilepaskan Ronaldo, Nani menjebol gawang Thomas Sorensen untuk mengubah kedudukan menjadi 1-0.

Pesepakbola Manchester United itu tak perlu waktu lama untuk kembali melakukan selebrasi gol karena tiga menit berselang dia kembali mencatatkan namanya di papan skor. Untuk gol kedua ini dia memanfaatkan umpan yang dilepas Christian Poulsen untuk kemudian melesakkan ke dalam gawang menggunakan kaki kiri.

Tiga menit sebelum turun minum Ronaldo nyaris memperbesar kedudukan menjadi 3-0. Namun sepakan rendahnya dengan menggunakan kaki kiri masih bisa ditepis oleh kiper penggati Anders Lindegaard.

Denmark yang tak diperkuat Nicklas Bentnder kembali tampil tanpa greget di babak kedua. Di sisi lain Ronaldo kembali membuang peluang saat tendangan bebasnya dari jarak jauh mentah akibat bola mental setelah menghantam mistar gawang.

Di menit 79 tuan rumah kebobolan akibat bunuh diri yang dilakukan Ricardo Carvalho. Dari skenario tendangan sudut, bek Real Madrid itu malah membelokkan bolanya dengan dada ke dalam gawang.

Namun Portugal mampu kembali merenggangkan jarak menjadi 3-1 menyusul gol yang dilesakkan Ronaldo, setelah dia lebih dulu menjalin kerjasama dengan Nani.

Susunan pemain

Portugal: Eduardo, Joao Pereira, Pepe, Ricardo Carvalho, Fabio Coentrao, Raul Meireles, Joao Moutinho (Tiago, 75th), Carlos Martins, Nani, Cristiano Ronaldo, Hugo Almeida (Helder Postiga, 70th).

Denmark: Thomas Sorensen (Anders Lindegaard, 32nd), Lars Jacobsen, Per Kroldrup, Simon Kjaer, Michael Silberbauer, Christian Poulsen, William Kvist (Peter Lovenkrands, 73rd), Daniel Jensen (Christian Eriksen, 59th), Dennis Rommedhal, Nicklas Pedersen, Martin Vingaard.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar