Kamis, 18 November 2010

- Loyal pada Atasan, Bielsa Selesai di Cile

Santiago - Marcelo Bielsa adalah pahlawan buat Cile. Walaupun kontraknya masih panjang, ia tetap memilih menanggalkan jabatannya sebagai pelatih timnas negara Latin tersebut karena loyal pada atasan.

Bielsa pada hari Kamis (18/11/2010) pagi WIB melakukan pertandingan terakhirnya untuk Cile. Ia memimpin Alexis Sanchez dkk menang 2-0 atas Uruguay dalam laga persahabatan di Santiago.

Di dalam stadion, puluhan ribu terus meneriakkan nama Bielsa. Berbagai spanduk dan poster mereka bentangkan, dengan inti pesan membujuk supaya orang Argentina itu mengubah pendiriannya mundur sebagai pelatih. Lainnya berterima kasih pada pria 55 tahun itu.

Dilaporkan Reuters, Bielsa cukup terharu dengan reaksi fans. Bagaimanapun ia memang sangat dekat dengan warga Cile, semenjak menukangi tim di tahun 2007, dengan statistik 28 kemenangan dan 15 kekalahan dari 50 pertandingan.

Bielsa menjadi pahlawan, idola bersama, dan menjadi warga kehormatan Cile setelah meloloskan negara tersebut ke Afrika Selatan tengah tahun ini, yang merupakan Piala Dunia pertama mereka sejak 1998. La Roja maju ke babak kedua sebelum dihentikan Brasil.

Sebenarnya Bielsa telah mengikat dirinya dengan kontrak baru sampai 2015 pada 2 Agustus lalu. Namun, menjelang pemilihan presiden Federasi Sepakbola Cile dua minggu lalu ia membuat sebuah haul. Jika orang yang membawanya ke Cile, yaitu Harold Mayne-Nicholls, gagal bertahan sebagai presiden federasi, maka dia akan mundur. Mayne-Nicholls kemudian kalah dalam pemilihan itu, dan Bielsa membuktikan ucapannya.

Pada pertandingan perpisahannya itu Bielsa membawa anak-anak buahnya unggul dua gol tanpa balas atas Uruguay, yang bermain dengan 10 orang sejak menit-menit terakhir babak pertama, menyusul diusirnya Walter Gargano dari lapangan karena dua kartu kuning.

Penyerang Alexis Sanchez dan gelandang Arturo Vidal mencetak gol untuk Cile, sekaligus memberi pasukan Oscar Tabarez kekalahan pertama dalam empat pertandingan semenjak mereka finish nomor empat di Piala Dunia lalu.

Kedua tim akan bertemu lagi di Grup C turnamen Copa Amerika di Argentina pada Juli 2011. Namun, karena Bielsa sudah mundur, Cile akan terlebih dulu mencari pelatih baru. Salah satu nama yang sudah mencuat adalah pelatih Boca Juniors, Claudio Borghi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar