Selasa, 07 Desember 2010

- Martin Jol Tinggalkan Ajax

Amsterdam - Ajax Amsterdam kehilangan pelatih, menyusul pengunduran diri Martin Jol. Pelatih asal Belanda itu mengatakan bahwa keputusannya untuk lengser karena merasa gagal memenuhi ekspektasi.

Dilansir dari situs resmi Ajax, Selasa (7/12/2010) dinihari WIB, melalui sebuah kesepakatan bersama klub asal ibukota Belanda itu menerima permohonan pengunduran diri Martin Jol.

Untuk sementara Luis Suarez dkk. akan ditangani oleh Frank de Boer. Ada pun Ajax berencana mengumumkan pelatih anyar pada Januari tahun depan. De Boer sendiri merupakan pelatih dari Ajax A1 sejak Juli 2008.

"Saya memulai dengan mengatakan bahwa kami menyesal dengan keputusan Martin Jol namun kami menghormatinya. Kami sudah bertemu dalam beberapa pekan terakhir secara resmi dan terus berkomunikasi secara regueler," ujar direktur klub Rik van den Boog.

Ajax saat ini ada di peringkat keempat klasemen sementara Liga Belanda. Di lima partai terakhir, tim berwarna "merah-putih" ini tak stabil dengan meraih satu kemenangan, dua seri, dan dua kalah. Ajax juga sudah tersisih dari Liga Champions.

"Ini merupakan masalah yang sulit. Saya pikir Martin juga merasa kesulitan dengan kondisi seperti ini. Setiap orang punya opini soal Ajax dan tekanan itu semakin tinggi. Namun saya tidak berbicara dengan Martin. Saya persilakan dia untuk mengatakan apa pun soal hal ini," tandas Van den Boog.

Jol mengatakan salah satu alasan pengunduran dirinya adalah karena dia merasa gagal memenuhi ekspektasi. "Dengan rasa berat di hati, saya mengucap selamat tinggal kepada klub yang luar biasa ini. Kami melakukan sesuatu musim panas lalu yang seharusnya bisa saya selesaikan," ujar dia.

"Namun saya harus menyadari bahwa ekspektasi musim lalu sangatlah tinggi. Sejumlah harapan gagal kami wujudkan dan itu membuat saya cukup menyesal. Banyak kritik yang menerpa klub berimbas kepada organisasi dan pemain," kata arsitek Ajax sejak musim 2009/10 itu.

"Saya melakukan ini sebeum laga antara AC Milan kontra Ajax (di Liga Champions tengah pekan ini) digelar. Untuk beberapa pekan ke depan menjadi saat penting bagi klub dan saya berharap bahwa tim ini bisa melakukan sesuatu dalam waktu yang pendek dan menjadi tim juara," tuntas pria yang diisukan bakal menangani Newcastle United tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar