Kamis, 02 Desember 2010

- Liga Europa
Italia Bertumpu kepada Palermo & Napoli

Jakarta - Juventus dan Sampdoria sudah angkat koper dari Liga Europa. Walhasil Seri A Italia kini terancam tak punya wakil di babak 32 besar karena dua wakil yang tersisa juga tidak dalam posisi bagus.

Nasib nahas dialami Juve dan Sampdoria saat melakoni laga matchday 5-nya masing-masing, Kamis (2/12/2010) dinihari WIB. Bianconeri dan Il Samp tak bisa menuai hasil manis sehingga terhenti di babak grup Liga Europa.

Dijamu Lech Poznan di Stadion Miejski, Juve hanya mampu bermain 1-1. Ketinggalan lebih dulu dari gol Artjoms Rudnevs pada menit 12, Juve baru bisa menyamakan skor enam menit sebelum bubaran lewat Vincenzo Iaquinta.

Tambahan satu angka tersebut tak mampu memperpanjang nafas Juve di Liga Europa. Meski masih punya satu laga sisa, Juve sudah tercoret karena kalah bersaing dari Poznan dan Manchester City yang berhak atas dua tiket dari Grup A.

Nasib serupa dialami Sampdoria, "saudara" satu negara Juve, di Grup I. Lebih nahas lagi, Sampdoria malah kalah 1-2 dari PSV Eindhoven di kandang sendiri.

Sama seperti Juve, Sampdoria pun tertahan di posisi tiga klasemen grupnya. Maka Sampdoria pun harus merelakan dua tiket grup ini melayang ke tangan PSV dan Metalist Kharkiv.

Kini Seri A Italia tinggal menyisakan dua wakil lagi yang masih berpeluang maju ke babak 32 besar, yakni Palermo dan Napoli. Namun, posisi keduanya pun tidak menguntungkan.

Di Grup F, Palermo kini menduduki posisi tiga klasemen dengan poin tiga. Dengan Lausanne-Sport sudah tersingkir dan CSKA Moscow telah memastikan satu tiket, Palermo tinggal bersaing dengan Sparta Praha, yang punya poin tujuh, berebut satu tiket sisa.

Kini nasib Palermo tergantung mereka sendiri karena di matchday 5, Jumat (3/12/2010) dinihari WIB, akan menghadapi Sparta di Renzo Barbera. Satu-satunya syarat untuk menjaga asa untuk Palermo adalah mengalahkan Sparta, yang justru hanya butuh hasil seri untuk lolos.

Sementara nasib Napoli yang menghuni Grup K sedikit lebih baik karena persaingan di grup itu masih lebih terbuka dengan empat tim --Liverpool (8 poin), Steaua Bukaristi (5), Napoli (3) dan Utrecht (3)-- masih sama-sama berpeluang lolos.

Meski begitu, karena juga masih menghuni posisi tiga klasemen, langkah Napoli pun takkan mudah-mudah amat, terlebih di matchday 5 mereka harus berposisi sebagai tamu dari Utrecht. Maka Napoli mesti menang atas Utrecht untuk mencuri peluang, di saat Liverpool dan Steaua juga akan "saling bunuh".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar