Sabtu, 03 Juli 2010

- Maradona: Spanyol Dibantu Wasit

Jakarta - Diego Maradona kembali bersuara keras soal korps pengadil. Kali ini pelatih Argentina itu menilai Spanyol melaju ke perempatfinal akibat bantuan wasit.

Spanyol melaju ke perempatfinal usai mengatasi Portugal 1-0. Laga yang dipimpin wasit Hector Baldassi asal Argentina ini diwarnai oleh satu kartu merah untuk Ricardo Costa.

"Saya kawan dekat Baldassi. Kami kadang ngobrol, namun kesan saya ia bertugas dengan sangat buruk," tukas Maradona seperti dikutip dari Associated Press.

"Baldassi sangat buruk dan hakim garisnya adalah Andrea Bocelli," ujar Si Tangan Tuhan merujuk kepada nama penyanyi tenor tunanetra asal Italia.

Seperti diberitakan AFP, Maradona membeberkan "dosa" korps pengadil laga antara dua negara di Semenanjung Iberia itu. "Gol David Villa offside. Sementara kartu merah untuk Ricardo Costa, saya berpendapat itu itu tidak pantas," ujar mantan bintang Napoli era 1980-an itu.

"Saya menilai Portugal tidak takut untuk bertarung melawan Spanyol. Namun ada hal lain yang ingin saya katakan: mungkin Portugal kesulitan untuk mendekati gawang Spanyol. Sebab setiap bola yang tengah diperebutkan, diberikan (wasit) pada Spanyol. Kepemimpinan wasit sungguh mengerikan," tukas Maradona.

"Setiap pelanggaran menguntungkan Spanyol dan semua yang dilakukan Portugal gagal, karena wasit tidak membolehkan Portugal untuk bergerak maju," demikian pelatih Argentina sejak 2008 itu.

Maradona juga ikut berkomentar soal korps pengadil yang memimpin laga Inggris kontra Jerman yang tak mengesahkan gol Frank Lampard. "Hakim garis ada di sana. Bila dia tak melihat (bola melewati garis gawang), lalu dia ada di mana? Namun kejadian-kejadian seperti ini akan terus terjadi di sepakbola dan akan terus terjadi hingga teknologi goal-line digunakan," pungkas pelatih kelahiran 30 Oktober 1960 itu.

Ini bukan kali pertama Maradona berkomentar soal pengadil. Si Tangan Tuhan sering mengkritik wasit yang kurang melindungi bintang Albiceleste, Lionel Messi.

Wasit dari pertandingan lain sudah dikomentari. Akankah Diego juga angkat bicara soal performa wasit yang mengesahkan gol Carlos Tevez ke gawang Meksiko?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar