Senin, 05 Juli 2010

- Ballon d'Or-FIFA 'Bersatu'

Zurich
- Ada yang berbeda dengan penganugerahan gelar pemain terbaik dunia. Mulai tahun depan, penghargaan Ballon d'Or dan pemain terbaik dunia FIFA disatukan.

Selama ini dunia mengenal dua penghargaan prestisius bagi seorang pesepakbola. Pertama adalah Ballon d'Or alias Bola Emas yang diberikan oleh majalah France Football kepada pemain terbaik Eropa. Kemudian yang kedua adalah gelar pemain terbaik dunia versi FIFA.

Ballon d'Or mulai dianugerahkan tahun 1956 dengan "juri" adalah suara dari jurnalis Eropa. Sementara itu pemain terbaik FIFA dianugerahkan sejak tahun 1991 dengan "juri" kapten tim nasional dan pelatih tim nasional.

Mulai tahun depan, kedua penghargaan itu akan digabung. "Presiden FIFA Joseph S. Blatter dan Presiden Amaury Group, Marie-Odile Amauri, pada hari ini tanggal 5 Juli 2010, menandatangani kesepakatan antara dua organisasi tersebut untuk menciptakan penghargaan FIFA Ballon d'Or untuk pesepakbola putra terbaik tahun ini," demikian keterangan yang dikutip dari situs resmi FIFA.

"Penghargaan ini merupakan kombinasi dari penghargaan pemain terbaik FIFA dan Ballon d'Or dari France Football. Pemenang akan dipilih oleh pelatih dan kapten tim nasional dan juga media."

"Upacara pemberian gelar FIFA Ballon d'Or digelar di Zurich, Swiss, 10 Januari 2011."
Dalam beberapa tahun terakhir, ada "kecenderungan" para penerima Ballon d'Or juga mendapatkan gelar pemain terbaik dunia FIFA. Sebaga contoh adalah Ronaldinho (2005) Fabio Cannavaro (2006), Kaka (2007), Cristiano Ronaldo (2008), dan Lionel Messi (2009).

Diberitakan Associated Press FIFA dan France Football juga akan memberikan penghargaan baru kepada pelatih terbaik dunia dan direktur teknik terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar