Kamis, 01 Juli 2010

- Figo Kritik Sikap Ronaldo

Milan
- Luis Figo tidak sepakat dengan sikap yang ditunjukkan Cristiano Ronaldo pasca Portugal tersingkir di Piala Dunia. Ronaldo dinilai telah melakukan tindakan yang tidak pantas dilakukan seorang kapten.

Ronaldo datang ke Afrika Selatan dengan ban kapten melingkar di lengannya, reputasi tinggi dan predikat sebagai mantan pemain terbaik sekaligus termahal dunia. Wajar jika hal tersebut membuat dia menjadi tulang punggung Portugal.

Tetapi pada kenyataannya, Ronaldo malah melempem. Performanya jauh di bawah yang dia tunjukkan bersama klubnya.

Tercatat pemain Real Madrid itu hanya membuat satu gol di turnamen ini. Gol tersebut adalah gol pertama buat Portugal yang dibuat eks bintang Manchester United itu dalam kurun waktu sekitar setahun lebih.

Kans Ronaldo untuk unjuk gigi di Piala Dunia tahun ini habis seiring tersingkirnya Selecao das Quinas usai ditaklukkan Spanyol 1-0 di babak 16 Besar. Ronaldo pun terpukul. Seusai laga, ia tidak ingin diwawancarai dan melontarkan kalimat bernada menyerang kepada sang pelatih, Carlos Queiroz.

Bahkan Ronaldo terlihat meludah meskipun tidak mengarah langsung ke kamera. Boleh jadi ini menyinggung fans yang ada di rumah karena si pemain memang meludah seraya melihat lekat-lekat ke arah kamera.

Tindakan Ronaldo ini rupaya mendapat sorotan tajam dari Figo yang merupakan seniornya di timnas Portugal. Figo yang pernah mengkapteni dan membawa timnya ke semifinal Piala Dunia 2006 itu merasa tindak-tanduk juniornya tersebut tidaklah pantas dilakukan seorang kapten yang seharusnya menjadi teladan.

"Menurut saya tentang apa yang disebut kapten mungkin berbeda dari orang lain," tutur pria yang kini menjadi Duta Inter Milan kepada Marca.

"Tapi seorang kapten, terlepas dari sukses atau gagalnya suatu tim selalu harus membela timnya. Di waktu sulit, dia seharusnya menghadapi konsekuesinya untuk tim," tutup mantan pemain terbaik Eropa dan Dunia tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar