Kamis, 17 Februari 2011

- Roma Takluk di Rumah Sendiri

Roma - AS Roma takluk di kandang sendiri, Stadion Olimpico Roma. Menghadapi Shakhtar Donetsk, Kamis (17/2/2011) dinihari WIB, Roma takluk 2-3.

Roma sebenarnya lebih dulu unggul ketika pertandingan berjalan 28 menit. Gol tuan rumah tercipta setelah umpan silang Rodrigo Taddei disambut dengan sundulan oleh Simone Perrotta yang berada di dalam boks. Tapi selanjutnya, Shakhtar malah jadi dominan.

Hanya berselang semenit, gawang Roma malah berbalik kebobolan. Tendangan kaki kanan Jadson dari luar kotak penalti tak mampu dihalau Alexandre Doni. Skor berubah menjadi 1-1.

Petaka untuk Roma bertambah di menit 36. Berawal dari serangan balik cepat, bola pun jatuh di kaki Douglas Costa. nama terakhir langsung melepaskan tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti, dan gawang Roma kembali bobol.

Empat menit menjelang turun minum, Shakhtar sukses mengubah skor menjadi 3-1. Costa kali ini berperan sebagai penyuplai. Umpannya diterima oleh Luiz Adriano dan tendangan Adriano dari dalam kotak penalti lagi-lagi tak mampu dihalau Doni.

Roma melepaskan 10 tembakan sepanjang babak pertama, tapi hanya satu yang tepat sasaran. Sebaliknya Shakhtar lebih efektif. Mereka hanya melepaskan delapan tembakan, tapi empat di antaranya berstatus on target.

Roma kemudian sempat bangkit mengejar di babak kedua. Jeremy Menez sempat melemparkan harapan berkat gol pengejarnya di menit 61.

Gol tersebut diawali oleh operan melalui kepala yang dilakukan oleh Perrotta. Menez pun langsung menyambutnya dengan tendangan kaki kanan dari luar kotak penalti. Gawang Shakhtar bobol, skor berubah menjadi 2-3.

Shakhtar sempat kembali mengancam gawang Roma di menit 65. Tapi tendangan Henrikh Mkhitaryan masih bisa dihalau oleh Doni. Semenit berselang, usaha Adriano berakhir dengan dirinya terjebak offside.

Daniel De Rossi mendapatkan kans di menit 72. Sial bagi gelandang Roma ini, tendangannya dari luar boks masih bisa diblok.

Enam menit berselang, giliran Marco Borriello yang mendapatkan peluang. Umpan Francesco Totti disambutnya dengan sundulan, tapi usahanya ini masih bisa dihalau kiper Andriy Pyatov.

Peluang Paolo Castellini sembilan menit menjelang laga usai pun belum membuahkan hasil. Sepakannya ke arah pojok atas gawang masih bisa diselamatkan oleh Pyatov.

Sampai babak kedua usai, Roma tetap gagal mencetak gol penyama kedudukan. Bagi Shakhtar kemenangan ini berarti memudahkan mereka di leg kedua. Mereka kini sudah punya modal tiga gol tandang.

Susunan Pemain

AS Roma: 32-Alexander Doni; 77-Marco Cassetti, 29-Nicolas Burdisso, 5-Philippe Mexes, 17-John Arne Riise (3-Paolo Castellini 46); 11-Rodrigo Taddei, 16-Daniele De Rossi, 20-Simone Perrotta; 94-Jeremy Menez; 10-Francesco Totti, 9-Mirko Vucinic (22-Marco Borriello 68).

Shakhtar Donetsk: 30-Andriy Pyatov; 33-Darijo Srna, 27-Dmytro Chygrynskiy, 44-Yaroslav Rakitskiy, 26-Razvan Rat; 3-Tomas Hubschman; 20-Douglas Costa (11-Eduardo 66), 8-Jadson (29-Alex Teixeira 85), 10-Willian; 22-Henrik Mkhitaryan (90-Vitaliy Vitsenets 78), 9-Luiz Adriano.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar