Rabu, 30 Juni 2010

- Susul Jerman Barat, Spanyol?

Cape Town - Jerman Barat menjadi satu-satunya negara yang berhasil menyandingkan gelar juara Eropa dan juara dunia. Kini Spanyol memiliki kesempatan untuk menyamai catatan Franz Beckenbauer dkk.

Jerman Barat adalah juara Piala Eropa 1972. Di final kejuaraan yang digelar di Belgia itu, Gerd Mueller cs. mengalahkan tim kuat Uni Soviet 3-0. Itu adalah gelar Eropa pertama bagi Jerman Barat.

Dua tahun berselang West Germany berhasil menyempurnakan prestasinya dengan menjadi juara dunia, dalam Piala Dunia yang digelar di rumah sendiri. Di partai puncak, Mueller cs mengalahkan salah satu seteru tradisionalnya yakni Belanda dengan skor 2-1.

Hingga saat ini Jerman Barat menjadi satu-satunya negara yang berhasil menjuarai Piala Dunia setelah menjadi kampiun Eropa. Prancis juga pernah mengoleksi dua trofi tersebut, namun Les Bleus menjuarai Piala Dunia sebelum menjuarai Piala Eropa.

Kini torehan Jerman Barat siap untuk disamai, oleh Spanyol sang juara Euro 2008. Kondisi yang sama dengan Jerman Barat, trofi Eropa dua tahun silam merupakan yang pertama bagi Espana.

Spanyol sudah memastikan lolos ke perempatfinal Piala Dunia 2010. Itu berarti tinggal tiga pertandingan lagi yang harus dilalui Iker Casillas dkk. untuk merebut tahta juara.

Paraguay menjadi lawan terdekat bagi La Furia Roja. Setelahnya mereka bakal bertemu pemenang antara Jerman vs Argentina di semifinal. Bila lolos ke partai puncak, maka Negeri Matador akan menghadapi Uruguay/Ghana/Belanda/Brasil.

Spanyol memilih untuk meniti perjalanannya satu per satu dan tak memandang terlalu jauh terlebih dahulu. Paraguay menjadi satu-satunya hal yang mereka pikirkan saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar