Kamis, 17 Juni 2010

- Jelang Argentina vs Korsel
Perjumpaan Nomor Tiga

Jakarta - Sudah 24 tahun silam sejak Argentina dan Korea Selatan berduel untuk pertama kalinya di lapangan hijau. Sepanjang periode itu mereka baru akan melakoni pertarungan yang ketiga petang ini.

Di Soccer City Stadium, Johannesburg, Argentina dan Korsel akan melakoni laga keduanya di Grup B Piala Dunia 2010. Kedua tim memenangi partai pertamanya -- Argentina atas Nigeria (1-0), Korsel atas Yunani (2-0).

Dalam sejarahnya, baru dua kali "Tim Tango" dan "Ksatria Taeguk" bertemu, diawali dengan perjumpaan di Piala Dunia 1986 di Meksiko. Kala itu Argentina menang dengan skor 3-1. Diego Maradona dan Huh Jung Moo terlibat dalam pertandingan itu, dan mereka kini berduel lagi dalam kapasitasnya sebagai pelatih masing-masing tim.

Pertemuan kedua Argentina-Korsel terjadi di Seoul pada 11 Juni 2003. Bertajuk friendly game, Albiceleste kembali menang dengan skor 1-0.

Bagaimana pertandingan ketiga nanti petang akan terjadi? Simak beberapa catatan berikut ini:

- Argentina ta pernah seri di bawah kendali Maradona. Dari 20 pertandingan dalam arahan "Si Boncel", Carlos Tevez dkk menang 15 kali dan kalah lima kali.

- Gol Gabriel Heinze ke gawang Nigeria, yang dibuatnya di menit keenam, mungkin saja sebuah "berkah" tersendiri. Kali terakhir mereka memenangi Piala Dunia (di tahun 1986), mereka juga mencetak gol pertama di pertandingan pertamanya di menit keenam, yakni oleh Jorge Valdano ke gawang Korsel!

- Satu gol yang dibuat Park Ji Sung ke gawang Yunani di laga pertama Korsel menjadikan dia pemain Korsel pertama yang mencetak gol di tiga Piala Dunia. Dia membuatnya saat melawan Portugal di tahun 2002 dan Prancis di edisi 2006.

- Kemenangan 2-0 atas Yunani di pertandingan pertamanya di Afsel adalah kemenangan kedua Korsel di Piala Dunia yang tidak digelar di kandang mereka. Di Piala Dunia 2002 di Korea-Jepang, mereka menang tiga kali dan finish di peringkat keempat. Di Piala Dunia 2006 di Jerman mereka menang satu kali atas Togo di babak grup.

- Hari pertandingan melawan Argentina ini datang persis 56 tahun setelah negara Asia itu melakoni debutnya di Piala Dunia 1954, saat mereka kalah 0-9 dari Hongaria pada 17 Juni.

- Delapan tembakan ke arah gawang yang dilakukan pemain terbaik dunia Lionel Messi saat Argentina menghadapi Nigeria adalah jumlah terbanyak yang dibuat seorang pemain di satu pertandingan Piala Dunia 2010 sejauh ini.

Tempat: Soccer City, Johannesburg
Kapasitas: 80.000
Wasit: Frank De Bleeckere (Belgia)
Ranking Dunia: Argentina 7, Korea Selatan 47

Kemungkinan susunan pemain:

Argentina: Sergio Romero, Martin Demichelis, Walter Samuel, Gabriel Heinze, Jonas Gutierrez, Javier Mascherano, Maxi Rodriguez, Andel di Maria, Lionel Messi, Carlos Tevez, Gonzalo Higuain

Korsel: Jung Sung Ryong, Cha Du Ri, Lee Young Pyo, Cho Yong Hyung, Lee Jung Soo, Kim Jung Woo, KiSung Yon, Park Ji Sung, Lee Chung Yong, Park Chu Young, Lee Dong Guk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar