Sabtu, 26 Maret 2011

- Villa, Matador Tertajam

Granada - Usai sudah penantian David Villa untuk jadi pencetak gol terbanyak di timnas Spanyol. Dua golnya saat melawan Republik Ceko membuat El Guaje resmi menggeser Raul Gonzalez dari singgasana.

Villa harus menunggu hampir setengah tahun untuk meraihnya kala mencetak gol ke-44 nya di laga kontra Skotlandia 12 Oktober 2010. Waktunya pun tiba dan Villa melakukannya dengan gemilang.

Pada laga kontra Ceko dalam lanjutan Kualifikasi Piala Eropa 2012 Grup I, Sabtu (26/3/2010) dinihari WIB tadi, Spanyol sempat tertinggal 0-1 di babak pertama akibat gol Jaroslav Plasil.

Namun di babak kedua Villa membuktikan jika cap striker terbaik Spanyol yang melekat pada dirinya tak salah. Aksi individunya di menit ke-69 dan penalti empat menit setelahnya membawa La Furia Roja menang 2-1.

Maka resmilah Villa jadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah timnas itu dengan 46 gol mengalahkan rekor Raul yang hampir bertahan selama lima tahun.

Hebatnya pemain Barcelona itu melakukannya "hanya" dalam 72 laga dengan rataan 0,64 gol per laga. Sementara Raul meraihnya lewat 102 laga.

Dengan umurnya yang baru 29 tahun kans Villa untuk melebarkan jarak dari pesaing terdekatnya yakni Fernando Torres terbuka lebar. Apalagi rekening gol Torres baru mencapai 26 dan sepertinya butuh waktu lama bagi El Nino bahkan untuk mendekati Raul.

"Gol ini kupersembahkan untuk pelatih, rekan-rekanku terkhususnya Pepe Reina yang telah mengingatkanku sebelumnya jika aku sangat menginginkan (rekor) ini," sahut Villa yang usai mencetak gol pertama menghampiri Reina di bangku cadangan.

"Kami mempunyai banyak peluang namun Cech dan nasib buruk menghalanginya. Namun mereka pun akhirnya bisa membobol kami," lugas pemain yang mengawali debutnya di timnas pada tahun 2005 seperti dilansir Marca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar