Rabu, 30 Maret 2011

- Kualifikasi Piala Eropa 2012
Spanyol Tekuk Lithuania 3-1

Kaunas - Spanyol menjaga kesempurnaannya di kualifikasi Piala Eropa 2012 setelah selalu menang dalam lima laganya. Terakhir La Furia Roja menaklukkan tuan rumah Lithuania dengan skor 3-1.

Dalam laga yang dihelat Zalgiris Stadium, Rabu (30/3/2011) dinihari WIB, Spanyol memimpin lebih dulu di babak pertama lewat gol Xavi Hernandez.

Dua gol tim tamu lainnya dihasilkandi babak kedua lewat bunuh diri Tadas Kijankas dan Juan Manuel Mata, setelah sebelumnya disamakan Marius Stankevicius.

Dengan hasil ini juara bertahan Piala Eropa itu masih kokoh di puncak klasemen Grup I dengan 15 poin. Sementara Lithuania tertahan di posisi ke-4 dengan empat poin dari lima laga berlalu.

Jalannya pertandingan

Laga berjalan 19 menit Spanyol membuka keunggulan lewat kaki Xavi. Sepakan keras dari jarak jauh pemain bernomor punggung enam itu membentur salah seorang pemain Lithuania dan berubah arah sehingga bola tak mampu dijangkau Karcemarskas.

Sesudahnya tak banyak peluang yang dihasilkan kedua tim meskipun Spanyol lebih banyak menguasai jalannya pertandingan. Faktor buruknya lapangan ditenggarai sebagai penyebab tak berkembanganya permainan tuan rumah maupun tamu.

Pada menit ke-50 Fernando Llorente berhasil melewati tiga hadangan pemain lawan sebelum melepaskan sepakan yang sayangnya masih pelan dan mengarah ke pelukan kiper Lithuania.

Tiga menit setelah Lithuania mampu menyamakan kedudukan. Bola liar hasil sapuan bek Spanyol yang tak sempurna jatuh di depan Stankevicius dan lewat sepakan keras first time-nya, gawang Casillas pun dibobol dari luar kotak penalti.

Sepakan bebas Xabi Alonso di menit ke-63 ke pojok kiri atas gawang Lithuania dengan sigap bisa dihadang Karcemarskas.

Tujuh menit setelahnya Spanyol kembali memimpin setelah crossing Mata ke depan gawang mengenai kaki Kijanskas yang dibayangi Llorente dan masuk ke jalanya sendiri.

Mata! Spanyol menjauhkan keunggulan di menit ke-83 setelah umpan terobosan David Silva diterima Mata di kotak penalti. Dengan dingin winger Valencia itu mengoyak gawang Lithuania dengan sepakan kaki kiri ke tiang dekat.

Skor 3-1 pun bertahan hingga laga usai.

Susunan pemain

Lithuania: Karcemarskas, Stankevicius, Kijanskas, Skerla, Zaliukas, Semberas, Panka, Edgaras Cesnauskis, Mikoliunas (Radavicius 71'), Sernas (Labukas 73'), Danilevicius (Galkevicius 85')

Spanyol: Casillas, Arbeloa, Albiol, Pique (Ramos 88'), Iraola, Javi Martinez, Xavi, Alonso, Santi Cazorla (Mata 66'), Llorente, Villa (Silva 54')

Tidak ada komentar:

Posting Komentar