Rabu, 30 Maret 2011

- Kualifikasi Piala Eropa 2012
Belanda Jaga Kesempurnaan usai Menang 5-3

Amsterdam - Belanda menjaga rekor kemenangan sempurna di kualifikasi Piala Eropa 2012 usai menundukkan Hongaria 5-3, dalam sebuah partai yang melahirkan tujuh gol di paruh kedua.

Di Amsterdam ArenA, Rabu (30/3/2011) dinihari WIB, Belanda unggul cepat lewat Robin van Persie. Tapi bukan hanya belum bisa menambah skor, Belanda juga memperlihatkan celah di lini pertahanan mereka pada babak ini.

Hongaria ganti menggebrak di awal paruh kedua. Gergely Rudolf dan Zoltan Gera dengan cepat membuat Hongaria berbalik unggul atas Belanda.

Belanda lantas membalas lewat gol Wesley Sneijder pada menit 60 dan gol Ruud van Nistelrooy, yang menggantikan van Persie, pada menit 72 bikin mereka kembali memimpin.

Gera sempat menghidupkan asa Hongaria lewat golnya pada menit 75, untuk bikin skor jadi 3-3, tetapi dua gol Dirk Kuyt akhirnya memastikan tiga angka untuk Oranje.

Dengan hasil tersebut maka Belanda bukan hanya kian kokoh di pucuk klasemen Grup E tetapi juga masih mencatatkan 100% kemenangan dalam enam pertandingan.

Hongaria sementara itu tergeser ke posisi tiga klasemen, menyusul kemenangan 2-1 yang diraih Swedia atas Moldova. Swedia kini menempati posisi dua dengan angka sembilan, setara dengan Hongaria.

Jalannya Pertandingan

Belanda memimpin saat laga baru berjalan 13 menit. Dari tendangan penjuru Wesley Sneijder melayangkan bola untuk coba ditanduk Jonny Heitinga. Bola bergulir ke tiang jauh di mana Robin van Persie sudah menunggu dan lantas menyepaknya.

Hongaria menggetarkan gawang Belanda pada menit 19. Gregory Van Der Wiel melanggar Balazs Dzsudzsak dan Gergely Rudolf mengambilnya dengan cepat untuk mengirim bola ke dalam gawang Belanda. Namun, wasit menganulir gol tersebut.

Pada menit 36, Ibrahim Afellay mendapat ruang untuk melepaskan tembakan. Tak dikawal lawan di posisi tak jauh dari area penalti, ia melepaskan tembakan yang masih mengarah tepat ke kiper.

Hongaria memulai babak kedua dengan gemilang. Baru dua menit laga dimulai lagi, Gergely Rudolf sukses menjebol gawang Michel Vorm untuk menyamakan skor.

Pada menit 50 Hongaria bahkan berbalik unggul. Zoltan Gera membuat Vorm harus memungut bola untuk kali kedua dari dalam gawangnya dalam rentang waktu singkat.

Enam menit kemudian, Rudolf kembali mengancam gawang Belanda. Kali ini sepakannya masih bisa dimentahkan Vorm.

Wesley Sneijder sukses membuat skor jadi 2-2 lewat golnya pada menit 61. Berlari menggiring bola, Sneijder melakukan "kerjasama" satu-dua dengan pemain Hongaria sebelum mengirim bola ke dalam gawang. Sial untuk Krisztian Vadocz, pemain Hongaria yang "membantu" Sneijder bikin gol.

Pertandingan kian sengit dan Van Nistelrooy sukses menjebol gawang Hongaria untuk bikin Belanda kembali unggul pada menit 72. Aksi apik Afellay di sisi kiri diakhiri dengan bola lambung ke arah Dirk Kuyt yang meneruskan ke Van Nistelrooy.

Hongaria tak mau kalah dan skor imbang lagi pada menit 75. Buruknya lini belakang Belanda bikin Gera lolos dari jebakan offside untuk menerima umpan jauh. Ia lantas mengirim sepakan keras yang tak bisa ditahan Vorm. Skor jadi 3-3.

Gol lahir lagi pada menit 78. Afellay kembali berperan dengan mengirim umpan silang ke tiang jauh untuk disambut Kuyt yang membuat kedudukan jadi 4-3 untuk Belanda.

Tiga menit kemudian skor berubah lagi. Kuyt mencetak gol cantik setelah tendangan volinya, yang mungkin dimaksudkan sebagai umpan ke Van Nistelrooy, melaju ke dalam gawang Hongaria tanpa bisa dihalau Marton Fulop.

Susunan Pemain:

Belanda: Vorm, Van Der Wiel, Heitinga, Mathijsen, Pieters (Emanuelson '63), De Jong, Afellay, Van der Vaart, Sneijder, Kuyt (Elia '90), van Persie (van Nistelrooy '46)

Hongaria: Fulop, Lazar, Vanczak, Juhasz, Laczko, Vadocz (Czvitkovics '89), Dzsudzsak (Komlosi '72), Pinter (Koman '46), Rudolf, Priskin, Gera

Tidak ada komentar:

Posting Komentar