Rabu, 12 Januari 2011

- UEFA Kembali Gelar Penghargaan Pemain Terbaik Eropa

Zurich
- Mulai tahun ini pemberian penghargaan untuk pemain terbaik Eropa ditiadakan. Merasa tidak cocok dengan sistem pemilihan baru dari FIFA Ballon d'Or, UEFA akan menghidupkan lagi penghargaan tersebut.

Sebelumnya, sejak tahun 1956 hingga tahun 2009, Eropa punya event sendiri untuk memberi penghargaan pada pemain yang mereka anggap punya performa terbaik. Event yang digagas oleh majalah France Football tersebut di beri nama Ballon d'Or.

Namun mulai tahun 2010 event tersebut digabungkan dengan pemilihan pemain terbaik dunia milik FIFA, yang kemudian memunculkan nama baru FIFA Ballon d'Or.

Namun pengumuman pemenang edisi perdana FIFA Ballon d'Or tersebut mengundang banyak perdebatan. Lionel Messi yang memenangi polling dari pelatih, kapten dan wartawan olahraga dari seluruh dunia tersebut dianggap tidak lebih baik dari Xavi Hernandrez atau Andres Iniesta.

Atas dasar itulah UEFA berencana untuk menghidupkan lagi pemilihan pemain terbaik Eropa. Dikutip dari Elmundodeportivo, UEFA juga akan menggunakan metode pemilihan yang berbeda dengan apa yang ditemput FIFA Ballon d'Or.

"Kami akan memberikan penghargaan istimewa untuk pemain terbaik di Eropa, mengikuti semangat lama dari Golden Ball milik France Football, yang sekarang sudah bergabung dengan FIFA World Player," ungkap Michele Platini

Hingga kini Platini dan UEFA belum memutuskan nama yang akan digunakan untuk pemberian penghargaan tersebut.

Event pemberian penghargaan tersebut dijadwalkan akan digelar pada bulan Agustus di Monte Carlo, berbarengan dengan gala pengundian Liga Champions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar