Kamis, 20 Januari 2011

- 'Barca Punya Tim Terpendek, Tim MU Paling Stabil'

Wina - Sebuah penelitian dilakukan terhadap para pemain sepakbola Eropa. Ditemukan sejumlah temuan menarik, misalnya saja pesepakbola saat ini sudah lebih tinggi dan lebih cepat.

Survei tersebut dilakukan terhadap 13 ribu pemain di 534 klub di 36 liga Eropa, oleh sebuah lembaga bernama Professional Football Players Observatory (PFPO) yang berbasis di Swiss.

Hasil survei, sebagaimana dipaparkan Reuters, juga mencatat beberapa hal menarik di klub-klub besar Eropa, antara lain:

* Barcelona punya, berdasarkan rata-rata, tim terpendek di Eropa

* Manchester United punya skuad paling stabil

* Juara Europa Inter Milan memiliki skuad tertua

* Tottenham Hotspur punya pemain internasional aktif lebih banyak dari klub lain di Eropa

Raffaele Poli dari Universitas Neuchatel di Swiss yang merupakan salah satu penulis studi itu sudah mengompilasi data para pemain sepakbola Eropa sejak 2005. Ia menyebut kalau sejumlah tren sudah mencuat semenjak laporan pertama diterbitkan tiga tahun lalu.

"Kami melihat bahwa para pemain di liga-liga top menjadi lebih tua, lebih cepat dan lebih tinggi," katanya.

Barca Punya Tim Terpendek

Dengan rata-rata tinggi pemain 1,77 meter, klub raksasa Spanyol Barcelona memiliki tim dengan postur paling mungil di Eropa. Sebaliknya studi ini menemukan kalau tim tertinggi adalah SV Mattersburg dari Austria dan Volyn Lutsk dari Ukraine dengan 1,86 meter.

Klub Inggris MU memiliki skuad paling stabil dengan para pemainnya rata-rata betah bertahan sampai 5,71 tahun. Hal ini bertolak belakang dengan klub Siprus Olympiakos Nicosia yang malah merekrut 95% pemain di timnya sepanjang 2010. Klub itu juga mencatatkan penampilan pemain asing dengan jumlah terbesar yakni 85%.

Inter Milan yang jawara Eropa dicatat memiliki skuad dengan usia rata-rata paling tua yaitu 29,6 tahun. Sedangkan klub Eropa dengan tim termuda adalah Olimps Riga dari Latvia yang umur rata-rata timnya 19,02 tahun.

Tottenham Hotspur yang bermarkas di London bisa menurunkan dua tim berisikan pemain internasional aktif --Spurs punya 23 pemain-- melebihi klub Eropa lain. Sedangkan Ajax Amsterdam boleh berbangga diri karena sudah melahirkan para pemain yang tampil di liga-liga top Eropa lebih banyak dari klub lain (54).

Masih menurut survei tersebut, tim Eropa rata-rata punya 24,5 pemain dalam skuadnya, di mana 5,2% di antaranya berusia 21 tahun atau lebih muda, sedangkan 8,2% berisikan pemain asing yang mana 1,1% di antaranya adalah pemain asal Brasil.

Lantas apa guna nyata studi ini? "Banyak klub termasuk Manchester United, Arsenal, Chelsea, Lille, Manchester City, yang mengambil laporan ini, menelaah kecenderungannya dan menggunakan itu sebagai tolok ukur untuk melihat apa yang sedang dilakukan oleh para rivalnya," klaim Poli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar