Selasa, 18 Januari 2011

- ASEAN Bidik Piala Dunia

Singapura - Piala Dunia di kawasan Asia Tenggara? Bukan tidak mungkin, karena para negara anggota ASEAN sedang ramai-ramai membidik gelaran itu.

Hal tersebut diungkapkan oleh Presiden Federasi Sepakbola Singapura (FAS) Zainuddin Nordin. Ia menjelaskan kalau proposal terkait hal itu sudah dirancang dalam pertemuan para Menteri Luar Negeri ASEAN.

"ASEAN memungkinkan untuk menjadi tuan rumah bersama dalam gelaran 20 tahun ke depan dan juga kemungkinan untuk memenuhi standar sepakbola terkait dengan program pengembangan sepakbola usia muda di negara-negara ASEAN," jelasnya di Reuters.

"Sebuah penawaran bersama oleh ASEAN akan meningkatkan profil internasional wilayah ini dan juga menyatukan para penduduk negara-negara anggotanya," lanjut Nordin.

ASEAN sendiri kini terdiri dari 10 negara, yakni Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam.

Empat negara ASEAN, Indonesia, Malaysia, Thailand dan Vietnam, sebelumnya pernah menjadi tuan rumah bersama gelaran prestisius Piala Asia 2007.

Indonesia secara spektakuler juga pernah terlibat di dalam proses penawaran menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 sebelum akhirnya menarik kembali penawaran tersebut.

Gelaran Piala Dunia 2030 disebut sebagai yang paling memungkinkan buat negara-negara ASEAN untuk mengajukan tawaran. FIFA sendiri baru akan memutuskannya lebih dari satu dekade ke depan kendati Argentina dan Uruguay sudah disebut-sebut juga tertarik menjadi tuan rumah bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar