Selasa, 07 Juni 2011

- Martin, 'Xavi Kecil' dan 'Zidane Baru' Prancis

Jakarta - Dalam kemenangan 4-1 Prancis atas Ukraina, ada satu nama yang mencuri perhatian dan langsung dibanding-bandingkan dengan Zinedine Zidane. Ia adalah sang debutan, Marvin Martin.

Di Donbass Arena, Dontesk, Selasa (7/6/2011), Martin memang tampil cemerlang. Tampil sebagai pemain pengganti saat skor masih 1-1, gelandang 23 tahun itu sukses membawa Les Bleus menang.

Tampil kali pertama untuk timnas senior Prancis, Martin yang bermain untuk klub Sochaux mempersembahkan dua gol dan satu assist untuk Prancis, kendati ia baru turun pada menit 76.

"Dari awal aku diterima dengan sangat baik. Aku jadi terpacu, itu membuat perbedaan besar," aku Martin kepada TF1 yang dilansir ESPN Star.

"Aku masuk tanpa merasakan tekanan dan berusaha memberi yang terbaik. Aku senang. Aku sangat bahagia, sudah jadi bagian tim inti dan juga telah bikin dua gol," lanjutnya.

Bersama Sochaux, Martin juga sudah tampil apik di musim lalu. Saking okenya, pemain dengan tinggi 1.7 m itu dijuluki 'Xavi Kecil' oleh rekan-rekan setimnya.

Akan tetapi, Martin kini mulai mendapat komparasi baru setelah debutnya di timnas membuat dirinya telah dibanding-bandingkan dengan Zidane yang pemain legendaris Prancis.

"Saya sudah tahu kalian (jurnalis) akan membuat perbandingan. Saya berharap ia (Martin) punya karir yang sama seperti Zidane," ujar Pelatih Prancis Laurent Blanc.

Perbandingan lahir karena dalam debutnya untuk timnas, Zidane juga membuat sepasang gol saat turun jadi pemain pengganti dalam laga Prancis kontra Republik Ceko. Partai yang dihelat pada 17 Agustus 1994 itu berakhir 2-2.

1 komentar: